Senin, 11 Juni 2012

Peran SI di Organisasi


Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang inputnya adalah data, lalu memproses data tersebut, dan menghasilkan output berupa informasi yang berguna.
Sistem informasi merupakan hal yang penting dalam kelangsungan sebuah organisasi. Bila sebuah organisasi bisa mengimplementasikan dan memanfaatkan Sistem Informasi dengan baik, maka organisasi itu akan merasakan banyak kemajuan.
Di jaman yang modern ini, sulit rasanya bila kita tidak memanfaatkan kemajuan teknologi. Sistem Informasi membantu suatu organisasi untuk bersaing di jaman yang modern ini. Mungkin sebuah organisasi akan tergilas oleh jaman jika tetap mengandalkan cara-cara tradisional tanpa mengimplementasikan Sistem Informasi di dalamnya.
Sistem Informasi bisa membantu organisasi dari segala aspek. Diantaranya:
  • Mempermudah komunikasi. Dengan memanfaatkan Sistem Informasi, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan semua stakeholder organisasi. Sistem Informasi membantu mengurangi biaya, tenaga dan waktu dalam berkomunikasi
  • Mengefisienkan proses produksi. Contohnya adalah sebuah pabrik yang menggunakan mesin yang terkomputerisasi akan lebih produktif daripada yang menggunakan cara tradisional.
  • Mengamankan data. Sebuah organisasi tentunya memiliki berbagai data, seperti surat-surat penting dan catatan keuangan. Dengan Sistem Informasi, kita dapat menyimpan dan memproteksinya dengan aman.
  • Mepermudah promosi. Sebuah organisasi tentunya ingin eksis di masyarakat. Kita dapat memanfaatkan media internet dalam berpromosi. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa dihemat.
  • Dan masih banyak manfaat lain dari Sistem Informasi
Demikian banyaknya manfaat dari Sistem Informasi. Hendaknya kita yang hidup di dunia global ini dapat mengiplementasikan memanfaatkannya dengan baik. Dengan begitu biaya, tenaga, dan waktu yang diperlukan bisa diminimalkan. Selain itu produktifitas suatu organisasi dapat dimaksimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar