Rabu, 13 Juni 2012

Bursa Karir ITS

Kuliah PSI bukanlah kuliah yang membosankan. Bukan hanya kuliah di kelas, praktikum, dll. Perkuliahan juga dilakukan di luar dan terjun langsung di lapangan. Salah satunya adalah mengunjungi bursa karir yang diadakan di Graha ITS. Berikut essay saya dari kunjungan ke bursa karir tersebut.


Bursa Karir

Bursa Karir ITS yang dilaksanakan tanggal 14-15 Maret 2012 di Graha ITS. Dalam 2 hari pelaksanaannya, terlihat bursa karir dipenuhi oleh para pencari kerja. Disana terdapat perusahaan-perusahaan yang mencari pekerja fresh graduate. Banyak perusahaan yang ikut meramaikan bursa karir, mulai dari perusahaan nasional hingga internasional.



Ada 2 kepentingan dalam Bursa Karir. Mahasiswa yang mengingkan dirinya diterima di perusahaan terbaik yang memiliki prospek bagus. Dan Perusahaan yang memiliki kepentingan merekrut karyawan terbaik untuk kelangsungan perusahaannya. Para perusahaan memasang poster-poster berisi visi misi perusahaan, kualifikasi dan persyaratan bagi para pencari kerja. Para pencari kerja sibuk mengisi form pendaftaran dan menyiapkan persyaratan untuk mendaftar.
Saya sebagai mahasiswa jurusan Sistem Informasi merasa bangga, karena keahlian-keahlian lulusan sistem informasi dibutuhkan dalam hampir setiap instansi perusahaan. Seperti di  PT Astra Honda Motor, PT Meratus, PT Astra Graphia Information Technology, PT KPP, dan beberapa perusahaan lain. Keuntungan saya kuliah di jurusan Sistem Informasi adalah selain dibekali kemampuan IT, saya juga mendapat ilmu management dan bisnis. Hal ini yang bisa menjadi senjata bagi para lulusan Sistem Informasi.
Seandainya saya adalah seorang yang memiliki perusahaan, tentunya saya membutuhkan karyawan. Beberapa hal yang akan saya pertimbangkan dalam merekrut karyawan adalah rata-rata IPK, pengalaman organisasi, prestasi akademik maupun non-akademik, dan yang paling penting softskill. Namun IPK bukanlah menjadi factor utama, namun hanya sebagai batasan saja. Yang harus diutamakan adalah sikap dan softskill dari karyawan tersebut. Kemampuan karyawan untuk bekerjasama dan bersosialisasi juga penting. Hal ini bisa kita lihat saat seleksi wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar