Rabu, 07 Desember 2011

Who Am I ?

Tulisan ini sama seperti postingan saya yang berjudul "PATRIOT", yaitu adalah tugas untuk LKMM pra-TD FTIf 2011. Sekali lagi mohon maaf bila tulisan ini berantakan. Karena saat menulisnya dikejar deadline. Hehe


Who Am I ?
Sebuah pertanyaan yang sederhana namun sulit untuk dijawab. Sering terlintas di benak saya sebuah pertanyaan “Siapa saya?”. Untuk menjawabnya, saya butuh waktu untuk berfikir. Mungkin hal ini terjadi karena saya belum mengenal diri saya sendiri secara mendalam. Bisa saja saya lebih mengenal beberapa orang lain daripada diri saya sendiri. Disini saya akan berusaha menggambarkan tentang siapakah saya. Nama saya adalah Bimo Sasongko. Saya lahir pada tanggal 16 September 1993 di sebuah rumah sakit di kota Surabaya. Anak kedua dari dua bersaudara. Dibesarkan di keluarga yang beradat jawa. Seorang laki-laki yang saat ini berumur 18 tahun yang baru menjadi mahasiswa. Tepatnya menjadi mahasiswa di jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS. Kuliah di ITS adalah cita-cita saya. Butuh perjuangan untuk bisa masuk ke ITS. Beberapa kali saya gagal untuk masuk ke ITS, namun akhirnya datang
juga kesempatan bagi saya untuk merasakan kuliah di kampus perjuangan. Dari kegagalan yang saya alami, membuat saya menjadi sangat bersyukur sat diterima di ITS. Saya adalah seorang remaja labil sedang mencari jati diri. Memiliki emosi yang labil pula. Karena masih labil, saya mudah berubah oleh pengaruh yang ada. Selalu ingin mencoba hal baru yang belum dialami sebelumnya. Cita-cita saya adalah menjadi orang sukses. Walaupun belum bisa memastikan secara spesifik  menjadi orang sukses yang seperti apa. Saya seorang yang mempunyai hobi berolahraga, seperti futsal, bulutangkis, dan lain-lain. Saya merasa dengan beroolahraga bisa membuat pikiran saya menjadi segar. Selain itu saya suka menonton bola dan juga seorang supporter bola. Saya suka menonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion, bahkan ke Jakarta untuk mendukung tim nasional Indonesia bertanding. Saya suka segala hal tentang sepakbola baik yang terjadi di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Karena saya suka bola, maka hal tersebut saya jadikan sebagai peluang saya. Saya mendapat tugas untuk membuat artikel di blog, dengan kelebihan saya yang suka bola, saya selalu membuat tulisan tentang bola di dalam blog saya. Selain itu, saya juga suka music walaupun saya tidak ahli dalam bermain music. Dengan mendengar music, saya bisa rileks dan ikut bernyanyi walaupun suara saya buruk. Saya juga senang bila bisa berkumpul bersama teman-teman. Karena teman bisa membuat saya menjadi senang. Saya lebih sering menghabiskan waktu dengan teman daripada untuk menyendiri. Sehingga saya sering keluar bareng teman-teman saya. Bagi saya peran teman sangat penting. Sehingga saya akan sangat sedih bila kehilangan teman. Saya adalah seorang yang santai. Saya tidak suka memikirkan sesuatu secara berlebihan karena menurut saya hal itu akan membuat saya stress dan sulit tertawa. Selain itu juga agar teman disekitar saya merasa senang di dekat saya. Tidak suka kesempurnaan dan mudah menerima saran dari orang lain. Namun sebaliknya, terkadang saya sulit untuk mengungkapkan sesuatu ke orang lain. Beberapa kali saya memendam sesuatu kepada orang lain. Mungkin hal ini saya lakukan untuk menghindari perasaan yang tidak enak di teman saya. Saya senang untuk membantu teman saya. Dengan begitu hubungan saya dan teman saya akan semakin dekat dan akrab. Untuk mengenalkan diri saya lebih jauh, saya akan membahas tentang SWOT saya. SWOT terdiri dari strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman). Kekuatan saya adalah saya seorang yang sabar dan cinta damai. Jadi saya lebih suka mengalah agar terhindar dari keributan. Selain itu, kekuatan saya adalah supel, sehingga saya mudah akrab dengan orang dan memiliki banyak teman. Saya juga orang yang peduli ke teman. Lalu kelemahan saya adalah saya seorang yang malas, suka menunda pekerjaan, kurang percaya diri dan kurang bisa berbicara di depan orang banyak. Setelah kekuatan dan kelemahan, sekarang saya bahas tentang kesempatan dan ancaman. Pertama kesempatan, dengan memiliki kekuatan seperti di atas, saya bisa dengan mudah mendapatkan teman.dan berpeluang untuk menenangkan teman yang sedang berselisih. Ancaman yang bisa terjadi pada diri saya adalah mengerjakan tugas saat mendekati deadline karena saya sering menunda pekerjaan. Selain itu saya mengutamakan bermain daripada belajar. Lalu saya akan grogi bila berbicara di depan umum. Dari beberapa hal diatas saya berusaha untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan baik dan menghindari ancaman-ancaman yang ada agar tidak terjadi. Selain dari SWOT, saya akan coba memperkenalkan diri saya melalui game yang pernah saya ikuti pada mata kuliah KI di jurusan saya. Game ini membahas tentang sifat dan karakter saya yang dibagi menjadi 4, yaitu free area, blind area, hidden area, unknown area. Di sini saya akan ambil beberapa contoh  sifat  saya yang ditulis oleh teman saya yang terdapat dalam game tersebut. Disana teman saya menulis bahwa saya suka bercanda dan tidak bisa diam. Ya memang saya seperti itu adanya. Saya memang asik untuk bercanda, lalu saya tidak bisa untuk duduk diam tidak melakukan apa-apa, kecuali kalau sedang duduk untuk mendengar materi. Namun juga ada yang menulis omongan saya terkadang menusuk, mungkin bercanda saya terlalu berlebihan sehingga secara tidak sengaja menyakiti hati teman saya. Lalu penuh semangat di saat kepepet. Mungkin kebiasaan saya yang menunda pekerjaan membuat saya menjadi semangat saat dikejar waktu yang mepet. Selain itu ada teman saya yang menulis bahwa saya ambisius. Memang saya adalah seorang yang mempunyai ambisi tinggi. Jika menginginkan sesuatu, saya akan berusaha untuk mendapatkanya. Sekian dari saya, semoga sedikit banyak dapat menggambarkan diri saya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar