Rabu, 13 Juni 2012

Specialized Information System

Dari namanya kita bisa simpulkan ini adalah sistem informasi yang khusus. Di bahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang ERP yaitu sistem informasi yang berguna bagi perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengoptimasikan proses bisnis. SIS ini semacam ERP namun di khususkan sesuai kebutuhan masing-masing.



Contoh SIS adalah Artificial Intelligent atau AI. AI adalah kecerdasan buatan yang diimplementasikan ke komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Contoh dari AI adalah Neural Network dan Fuzzy Logic yang biasa digunakan dalam games computer dan robot.



Finger print yang kita gunakan sehari-hari untuk absensi juga merupakan implementasi dari SIS. Finger print. Sebuah absensi finger print scanner memiliki dua pekerjaan, yakni mengambil gambar sidik jari dan memutuskan apakah pola alur sidik jari dari gambar yang diambil sama dengan pola alur sidik jari yang ada di database. Jika gambar sidik jari yang dihasilkan sudah benar, maka database akan menerimanya.


Di bidang sepakbola pun juga bisa dimanfaatkan. Dalam pertandingan sepak bola, mungkin anda pernah mendengar goal-goal yang dianggap kontroversial. Sering terjadi perdebatan mengenai bola sudah melewati garis gawang atau belum. Nah seiring dengan perkembangan teknologi, diciptakan teknologi yang dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan lebih akurat. Namun teknologi ini masih belum bisa diterapkan di Indonesia karena berbagai keterbatasan.




Di dalam bola terdapat microchip yang bertugas untuk mengirimkan sinyal yang berisi informasi mengenai posisi bola di lapangan. Di sekitar garis gawang dan area penalti terdapat kabel tipis yang dialiri oleh arus listrik, yang kemudian menghasilkan medan magnetik. Ketika bola melewati garis batas gawang, microchip pada bola akan mendapat sinyal dan mengirim pesan ke antena receiver. Lalu dilanjutkan ke komputer pusat. Setelah itu giliran komputer pusat yang mengirimkan pesan ke penangkap sinyal yang berada pada jam tangan wasit. Dengan demikian hasil gol akan tercatat dengan akurat dan tidak lagi menimbulkan kontroversi seperti yang selama ini terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar