Minggu, 21 Oktober 2012

Warriors of The Net


Dalam browsing internet, akan terdapat proses yang panjang. Beberapa hal yang terlibat untuk proses ini diantaranya: TCP packet, ICMP ping packet, router, ping of death, router switch. Saat kita mengklik sebuah link, data yang kita minta akan dimasukkan ke dalam beberapa paket. Lalu setiap paket diberi header. Di dalam header itu terdapat berbagai informasi, seperti alamat pengirim, alamat penerima dan jenis paket tersebut. Selain itu, kotak tersebut juga diberi proxy. Lalu paket itu siap dikirim.

Paket tersebut akan dikirim melalui jaringan dalam, di perjalanannya melewati jaringan dalam memungkinkan terjadinya kecelakaan. Lalu disalurkan oleh router dan router switch menuju pengecekan proxy. Dalam proses pengecekan proxy, paket-paket tersebut dibuka dan alamat web di dalam paket tersebut dilihat. Dalam pengecekan tersebut, paket alamat web yang diijinkan akan dapat melanjutkan perjalanannya. Sementara paket alamat web yang tidak diijinkan akan dihancurkan saat itu juga.

Lalu paket akan melanjutkan perjalanannya melewati firewall. Content-content berbahaya tidak akan bisa melewati firewall. Lalu router akan mengambil paket untuk diarahkan ke jalan yang benar. Lalu paket memasuki ke internet yang menghubungkan seluruh dunia. Lalu paket-paket akan melewati firewall lagi. Di firewall ini terdapat beberapa lubang diantaranya 21, 25, 23, 80, 53. Paket akan menuju lubang sesuai tujuannya. Namun hanya beberapa lubang yang dapat dilewati dan beberapa lagi tertutup. Didalam firewall terdapat penyaringan lagi. Paket-paket yang tidak diinginkan akan dihancurkan.

Paket-paket yang lolos firewall akan masuk ke web server. Lalu paket-paket yang datang akan dibuka. Isi dari paket akan diambil oleh web server. Server akan memproses permintaan dari user. Header yang ada di paket akan dilepas dan kotak paket akan digunakan lagi untuk mengirim informasi dari web server ke user. Kotak tersebut diberi header baru. Paket dikirim menuju user dengan mekanisme yang sama.

Setelah sampai ke komputer user, informasi dari paket akan diambil oleh web browser untuk ditampilkan ke layar komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar